BLANTERTOKOSIDEv102

Baikkah Minum Teh bagi Anak-Anak?

Baikkah Minum Teh bagi Anak-Anak?

Baikkah Minum Teh bagi Anak-Anak?

Saya pernah diberitaju, kalau minum the dapat menyebabkan kerusakan sel otak jika diberikan pada anak kecil atau bayi. Yang ingin saya tanyakan, sampai usia berapakah anak-anak aman diberikan minuman teh?
Jawab:
Teh (camellia sinensis) adalah salah satu bahan minuman alami yang sudah merakyat. Sebenarnya teh banyak mengandung manfaat bagi kita. Di antaranya ialah sebagai zat anti oksidan yagn bersifat antiasinogentik, kariostatik (mencegah dan menghambat perkembangan sel-sel kanker) serta bisa menurunkan kolesterol; karena the mengandung zat yang di sebut flavonoid.

Namun ada lagi kandungan zat dalam teh yang disebut tanin. Diduga zat ini dapat menghambat penyerapan zat besi. Zat besi sangat penting dan sangat diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembagan, terutaman balita masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, sehingga memerlukan suplai zat besi yang cukup. Oleh karena itu, memang kurang baik bila anak-anak sering minum teh dalam masa-masa pertumbuhan dan perkembangan tersebut. Wallahu a’lam.

Disalin dari Majalan As-Sunnah edisi 10/tahun VIII/1425H/2004M, Rubrik dokter oleh dr. Ira Enjang T

Produk Lainnya